Cara Mempercepat Loading Web WordPress dengan Mudah

WordPress merupakan aplikasi sumber terbuka dan sangat populer karena digunakan sebagai media utama pembuatan blog. Namun, terkadang ada pengguna tidak paham langkah untuk meningkatkan kecepatan loading pada web tersebut. Walaupun sebetulnya, cara mempercepat loading web WordPress cukup mudah.

6 Cara Mempercepat Loading Web WordPress

Dengan kecepatan transisi yang bagus, website akan membuat pengunjungnya semakin betah. Jika Anda masih pemula, perhatikan ulasan di bawah ini:

  1. Pilih Web Hosting yang Bagus

Jika Anda ingin kecepatan loading pada WordPress menjadi lebih cepat, maka pilihlah layanan web hosting terbaik. Jika seseorang mengoptimalkan situs di perusahaan yang salah, bisa jadi akan mengakibatkan lambatnya server.

Untuk mempercepat loading web dalam WordPress, Anda harus mengunjungi beberapa forum diskusi online dahulu agar mendapatkan rekomendasi layanan web hosting terbaik. Selain itu juga bisa mempertimbangkan dengan penggunaan VPS.

  1. Optimasi Tema WordPress Anda

Untuk lebih menarik perhatian pengunjung, biasanya pemilik website akan memilih tema bedasarkan segi visualnya saja. Akan tetapi ternyata hal tersebut mempengaruhi tingkat kecepatan loading web dari WordPress Anda.

Agar dapat mempercepat loading web WordPress, pastikan Anda menggunakan tema yang tepat. Selain itu, hal tersebut kalau bisa harus responsif atau memuat lebih sedikit resources untuk mobile device. Dengan begitu, pengguna tidak perlu mendownload gambar dengan ukuran besar.

  1. Monitor Plugin yang Anda Digunakan

Cara mempercepat loading web WordPress selanjutnya yaitu minimalkan jumlah plugin yang digunakan. Sebelum menginstall beberapa plugin, pastikan bahwa Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak. Karena hal tersebut akan dapat mempengaruhi kecepatan server.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa plugin yang diinstal sudah dioptimasi untuk versi WordPress. Ada baiknya pemilik website melakukan research terlebih dahulu sebelum menggunakan, agar mengetahui apakah hal tersebut dikembangkan dengan baik atau tidak.

  1. Optimasi Widget yang Dipakai

Ketika ingin mempercepat loading web WordPress, sebaiknya pemilik website menggunakan widget yang tidak berat. Beberapa di antaranya perlu melakukan loading JavaScript atau CSS saat mereka sedang menjalani render. Biasanya terjadi pada Facebook, Twitter, dan Google+.

Apabila sebuah widget tidak akan sering diupdate, maka langsung saja upload hal tersebut ke WordPress Anda. Tujuannya yaitu, agar loading pada website akan mengalami peningkatan kecepatan dan lebih memudahkan pengunjung.

  1. Optimasi Konten Statis yang Ada di Website

Hal selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat loading web pada WordPress adalah kompres konten statis menggunakan gZip. Tujuannya agar file tersebut akan memiliki ukuran lebih kecil sehingga dapat membantu website menjadi lebih cepat saat loading.

Selain itu, untuk meringankan beban server Anda juga dapat menggunakan CDN. Selain itu, juga bisa mamakai Static resouces seperti scripts, gambar, dan file CSS akan disajikan langsung dari Content Delevery Network yang sudah dioptimasi.

  1. Lakukan Caching pada Website

Caching merupakan salah satu cara yang dinilai paling efektif dalam mengoptimasi website, terutama situs-situs dengan traffic tinggi. Setiap kali halaman sebuah WordPress loading, maka informasi akan diambil kembali dari database serta file CSS. Hal tersebut tentu membutuhkan waktu beberapa saat.

Untuk itu, Anda perlu melakukan caching pada WordPress agar proses loading web dapat dipercepat. Karena hal tersebut dapat menyimpan file HTML agar langsung tersedia bagi para pengunjung. Selain itu, pemilik web juga bisa menggunakan plugin untuk melakukan ini.

Demikian sedikit penjabaran mengenai cara mempercepat loading web WordPress. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan bisa membantu para pembaca dalam mengatasi masalah pada website yang lambat ketika dibuka oleh pengunjung.

Bagikan

Leave a Comment